Posted in

Luhut Menyambut Elon Musk Resmikan Peluncuran Starlink

WARTA NUSANTARA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyambut CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk, saat tiba di Bali pada hari Minggu (19/5). Musk berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10 dan meresmikan layanan internet Starlink.

Dalam unggahan di akun Instagram-nya, Luhut terlihat mengenakan batik bermotif sementara Musk memakai setelan jas gelap.

“Saya berkesempatan menjemput Elon di bandara pagi ini, kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini dan tentunya beberapa kerja sama penting,” ujar Luhut. Salah satu agenda penting adalah peresmian layanan internet Starlink yang dapat menjangkau hingga pelosok Indonesia.

Luhut menjelaskan bahwa peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan oleh Elon Musk dan Presiden Indonesia, Joko Widodo, hari ini di salah satu puskesmas di Denpasar, Bali.

Menurutnya, digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa meningkat melalui ketersediaan akses internet yang merata di seluruh provinsi.

“Dan yang paling penting, masyarakat yang tinggal di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet cepat sama seperti halnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan,” imbuh Luhut.

Kehadiran layanan Starlink di Indonesia terjadi setelah serangkaian pertemuan antara para pejabat RI, termasuk Luhut, Jokowi, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dengan Musk dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa perusahaan operator seluler dan penyedia layanan internet (ISP) lokal sempat mengungkap kekhawatiran tentang kompetisi dan potensi perang tarif layanan. Kementerian Komunikasi dan Informasi kemudian menegaskan akan mengatur lebih lanjut mengenai layanan ini, termasuk cakupan area, untuk menciptakan kompetisi yang adil.

Tinggalkan Balasan